RAPAT KOORDINASI LINTAS SEKTORAL DALAM RANGKA PENANGGULANGAN BENCANA ASAP AKIBAT HUTAN DAN LAHAN (KALHUTLA) DI KABUPATEN SINTANG

Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa (DPMPD) Kabupaten Sintang mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) di Kabupaten Sintang bertempat di Gedung Pancasila Sintang pada senin pagi, 23/09/19.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sintang Jarot Winarno yang juga bertindak sebagai pemateri, Kapolres Sintang Adhe Heriadi, Dandim 1205 Sintang Rachmat Basuki, Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Jajaran TNI/POLRI, Seluruh Camat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, serta Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sintang.

Dalam Kesempatan ini Bupati Sintang Menyampaikan bahwa Tahun 2018 yang lalu bulan september sudah tidak ada lagi kabut asap, dimana puncak kabut asap ada di bulan agustus dengan 184 titik api. namun ditahun ini justru bulan september terdapat 699 titik api dan Kabupaten Sintang menduduki peringkat ke 2 dibawah Kabupaten Ketapang.

Tidak hanya itu, bupati Sintang Juga menambahkan bahwa Indeks pencemaran udara di Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu sudah memasuki fase Bahaya, sehingga aktivitas belajar mengajar di sekolah terpaksa harus diliburkan menginggat tingkat polusi udara sudah berada diatas 200 poin dan sudah tidak sehat lagi. Hingga saat ini Pemerintah Daerah bersama Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya masih memantau perkembangan kualitas udara dan tingkat polusi yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *