Soft Opening Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto Kabupaten Sintang

Soft Opening Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto Kabupaten Sintang

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., melakukan soft opening Rumah Sakit Jiwa “Sudiyanto” Kabupaten Sintang, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama Ibu Maria Magdalena sebagai Istri Almarhum Bapak Sudiyanto, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, bertempat di Eks Ruang Penyakit Dalam, RSUD A.M.Djoen Sintang, Jalan Adisucipto, Kelurahan Tanjungpuri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Selasa, 7 Februari 2023.

Dalam arahannya, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menyampaikan harapannya agar dalam menjalankan hidup ini hendaknya harus bahagia, “semua hendaknya bahagia dalam menjalankan hidup, Jangan phobia dan takut terhadap sesuatu, Takut terhadap wanita juga bisa disembuhkan oleh dokter jiwa, Cemas dan korban perundungan juga bisa disembuhkan kejiwaannya,” jelas Bupati Sintang.

Bupati Sintang juga mengucapkan terimakasih kepada Istri Almarhum Bapak Sudiyanto yang telah mengizinkan nama Almarhum untuk diabadikan nama Rumah Sakit Jiwa, “untuk almarhum Bapak Sudiyanto, bapak bahagia di surga dan nama bapak kami abadikan sebagai nama pusat pelayanan kebahagiaan dunia yakni Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto. Terima kasih kepada Ibu Maria Magdalena Sudiyanto yang telah mengizinkan nama Sudiyanto diabadikan sebagai nama rumah sakit jiwa ini”, ucap Bupati Sintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, M.M., menjelaskan tentang penamaan Rumah Sakit Jiwa “Sudiyanto” Kabupaten Sintang, “awal pendirian rumah sakit jiwa ini sulit sekali, konsultasi kemana-mana ditolak, lalu saat Almarhum Bapak Sudiyanto menjabat Wakil Bupati Sintang, Almarhum saat itu membantu kami dalam mengupayakan pembangunan rumah sakit jiwa ini. Almarhum ikut ke Jakarta dan bertemu dengan Kementerian Kesehatan. Ikut rapat dengan kami dalam persiapan pembangunan rumah sakit jiwa. Terima kasih kepada Ibu Maria Magdalena Sudiyanto yang sudah mengizinkan nama almarhum Bapak Sudiyanto untuk diabadikan menjadi nama rumah sakit jiwa di Kabupaten Sintang”. jelas dr. Harysinto Linoh.

“Rumah Sakit Jiwa Sudiyanto ini akan menampung pasien dari Kabupaten Sintang, Sanggau, Melawi, Sekadau dan Kapuas Hulu dan kami sudah siapkan 12 tempat tidur, dengan 8 kamar perawatan. Ada yang 1 tempat tidur dan 2 tempat tidur. Kami juga memiliki kamar rehab narkoba, ruang perawatan akut dan non-akut. Ruang pria dan wanita dipisah. Kami akan siapkan sekitar 20-30 orang perawat yang akan bertugas di RSJ Sudiyanto ini”, jelas Kadinkes Sintang.
Selain penandatanganan prasasti, juga dilakukan pengguntingan pita oleh Bupati Sintang, Wakil Bupati Sintang, Ibu Maria Magdalena Sudiyanto
Hadir pada Soft Opening tersebut jajaran Forkopimda Sintang, jajaran pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, dan sejumlah tamu undangan lainnya.