KASIRA: Kader Siaga Rabies Bantu Tekan Kasus Rabies di Sintang

KASIRA: Kader Siaga Rabies Bantu Tekan Kasus Rabies di Sintang

Sintang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang mengadakan Bimbingan Teknis Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Menular Rabies sekaligus membentuk Kader Siaga Rabies (Kasira) Desa Baning Kota di Aula Botani, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Selasa 4 Juni 2024.
Saat ini, Kasira hanya ada di Desa Baning Kota Sintang yang nantinya akan dibentuk di seluruh desa atau kelurahan untuk memudahkan dan mempercepat penindakan kasus rabies agar kejadian ini dapat dicegah dan ditangani lebih cepat.
Asisten III bidang Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, dr. Harysinto Linoh, MM. berharap kader siaga rabies ini membantu memberi kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga dan menyayangi hewan peliharaan dari penyakit menular rabies.
“Jika sayang dengan binatang, harusnya dirawat. Jadi kader memberi kesadaran bagi masyarakat pentingnya rabies dan memberi pemahaman masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi,” ujar Harysinto.
Kepala Dispertabun Kabupaten Sintang, Martin Nandung juga berharap adanya Kader Siaga Rabies ini dapat membantu Tim Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk melakukan sosialisasi pencegahan, penanganan awal pasca gigitan sampai dengan vaksinasi terhadap hewan penular Rabies.
Lebih lanjut, Ketika semua kader ini sudah dibentuk di setiap desa/kelurahan, maka hanya perlu koordinasi dan komunikasi dengan tim Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam melakukan pencegahan Rabies.