Pembukaan Kelam Tourism Festival Tahun 2019

Kelam Tourism Festival 2019 resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat yang diawali pembacaan sambutan Gubernur Kalimantan Barat dan ditandai dengan pemukulan gong yang diwakili oleh kadisporapar provinsi kalbar ibu Dra. Natalia Karyawati, M.E pada hari senin tanggal 8 juli 2019 di area Taman Wisata Alam Bukit Kelam.

Dalam sambutannya gubernur menyampaikam Kelam Tourism Festival merupakan sarana komunikasi dalam membangun, memberdayakan, dan menyampaikan potensi alam dan kebudayaan yang kita miliki kepada masyarakat luas.
Acara dimulai dengan sambutan kadisporapar kabupaten sintang ibu DR. Hendrika, S.sos, M.Si. Dalam sambutannya Hendrika menyampaikan bahwa event Kelam Tourism Festival 2019 ini bertujuan mengangkat pamor wisata bukit kelam ketingkat nasional, dan beliau juga berharap ajang festival ini dapat dijadikan agenda wisata tingkat nasional.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan Bupati Sintang dr. Jarot Winarno, M.Med. Ph . Dalam pernyataannya beliau menyampaikam tiga hal yang harus di dapatkan dalam penyelenggaraan kegiatan ini antara lain : peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat sintang umumnya dan kelam khususnya, terus terpeliharanya adat istiadat dan budaya masyarakat sekitar bukit kelam dan terakhir konservasi pelestarian lingkungan sekitar Taman Wisata Bukit Kelam yg merupakan anugrah Tuhan YME.

Acara selanjutnya diisi oleh pertunjukan seni dan budaya antara lain :
1. Tari budaya daerah yang dilakukan oleh para anggota sanggar tari Anantakupa.
2. Peragaan busana adat dayak beserta tenun ikat oleh para putra putri Kapuas Raya.
3. Cerita legenda Bujang Beji dan Bukit Kelam oleh anansa Arcieka Delfia Arla

Disamping itu ada pula pertunjukan tari budaya yang ditunjukkan oleh perwakilan tamu dari Provinsi Kalimantam Tengah.
Acara diakhiri dengan makan bersama antara bupati, forkopimda dan tamu undangan.
Selanjutnyan rombongan yang dipimpin oleh Bupati Sintang melakukan field trip ke Rumah Betang Ensaid Panjang.
Liputan lengkapnya dapat anda saksikan di Liputan Khusus Senentang hanya di Senentang TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *