Visitasi Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka dalam rangka peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2023

Visitasi Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka dalam rangka peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2023

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, didampingi para Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang menerima langsung kunjungan Tim Visitasi Anugerah Tinarbuka dalam rangka melakukan penilaian Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka dalam rangka memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2023, bertempat di ruang kerja Bupati Sintang pada kamis pagi 13/04/23.

Kunjungan kerja Tim Visitasi kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia Arya Sandhiyudha yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat Zamroni, Ketua Komisi Informasi Kalbar Lufti Faurusal Hasan, serta Kadis Kominfo Kabupaten Sintang Kurniawan.

Dalam kesempatan kali ini, Wakil Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia sangat mengapresiasi visi misi serta program yang akan dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang terutama program mengenai kelestarian lingkungan dimana menurut Wakil Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia sangat jarang dijumpai Pemimpin Daerah mengedepankan program pembangunan yang berbasis kelestarian lingkungan.

Selain itu Wakil Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia juga terkesima dengan program digitalisasi yang diinisiasi oleh Dinas Kominfo kabupaten sintang dimana Kabupaten Sintang saat ini memiliki Mobile Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Jari (SIBEJI), yakni Aplikasi berbasis smartphone android yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengakses berbagai informasi mulai dari program pembangunan, harga kebutuhan pokok, pariwisata, UMKM, serta kebutuhan informasi lainnya yang dapat diakses didownload dengan mudah oleh masyarakat.

Sebelumnya rombongan Tim Visitasi Republik Indonesia juga telah mengunjungi beberapa tempat yakni Kantor RRI Sintang, Kantor Bappeda Kabupaten Sintang, serta Rumah Betang Kobus untuk melihat langsung karya pengrajin tenun ikat khas sintang.