Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Pemkab Sintang Akan Gelar Upacara Puncak di Indoor Apang Semangai

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Pemkab Sintang Akan Gelar Upacara Puncak di Indoor Apang Semangai

Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar rapat persiapan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kamis 19 Oktober 2023.
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupate Sintang, Syarief Yasser Arafat menyampaikan rapat ini bertujuan membahas upacara puncak Hari Sumpah Pemuda ke-95 pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 mendatang.
“Upacara puncak hari sumpah pemuda, hari sabtu tetap tidak bisa diubah sesuai arahan pak sekda. Hari ini kita hanya membahas persiapan upacara. Ada lomba-lomba untuk anak sekolah itu semua nanti diurus dinas pemuda dan olahraga,” jelas Yasser.
Dalam keputusan rapat hari ini, Pemkab Sintang akan melaksanakan peringatan hari sumpah pemuda pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 bertempat di Indoor Apang Semangai.
Yasser juga menegaskan, pelaksanaan upacara berpedoman pada Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 dengan poin pengibaran bendera merah putih akan ditiadakan karena pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 dilaksanakan di ruangan tertutup.
“Yang kedua, kita bahas pedoman upacara sesuai peraturan karena kita berada di dalam ruangan, kita tidak mengibarkan bendera merah putih,” ujarnya.
Dra. Hendrika, M.Si, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang juga menambahkan, pelaksanaan upacara hari sumpah pemuda ke-95 dilaksanakan di ruangan tertutup, Indoor Apang Semangai dikarenakan bertepatan dengan terselenggaranya pertandingan sepak bola Bupati Cup di lapangan Stadion Baning.
“Kami akan menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, pertama yang pokok akan dilaksanakan di Indoor Apang Semangai karena dalam waktu bersamaan ada Bupati Cup. Dalam upacara ini, kita akan melibatkan pelajar, mahasiswa, SMP, SMA masing-masing 45 peserta. Kami juga meminta pihak sekolah mengirim perwakilan 2 siswa untuk menggunakan pakaian daerah,” ungkap Hendrika.
“Kami juga meminta ke sekolah, untuk mengirimkan anak-anak didiknya mengikuti lomba seperti lomba menyanyi lagu kelam agar dikenal, lomba pidato bertema anti narkoba,” tambahnya.
Selain itu, Hendrika juga menambahkan bertepatan dengan akan dilaksanakannya Kelam Tourism Festival 2023, panggung utama di depan Indoor Apang Semangai dalam sepuluh hari ke depan dapat dimanfaatkan oleh para pelajar untuk menunjukkan bakatnya.
“Ini momen anak-anak berai mumpung ada oanggung megah Kelam Tourism, kami memberi kesempatan sekolah-sekolah, 10 hari kedepan anak-anak sekolah bisa mengisi panggung besar tersebut sebagai ajang menunjukkan bakat seperti dance, nyanyi, dan lainnya,” jelas Hendrika.