Sosialisasi Anti Korupsi Melalui Pencegahan Pungutan Liar dan Pengendalian Gratifikasi

Sosialisasi Anti Korupsi Melalui Pencegahan Pungutan Liar dan Pengendalian Gratifikasi

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, S.H., M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Anti Korupsi Melalui Pencegahan Pungutan Liar dan Pengendalian Gratifikasi dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) tahun 2023 di Kabupaten Sintang, Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Selasa, 12 Desember 2023.

Kegiatan sosialisasi tahun 2023 ini mengusung tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Sekda Sintang mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sintang, masyarakat maupun stakeholder yang telah berpartisipasi sebagai responden dalam pengisian kuesioner Survei Penilaian Integritas (SPI) selama ini.

“Berdasarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) oleh KPK terhadap indeks persepsi anti korupsi Kabupaten Sintang juga mengalami kenaikan dari tahun 2021 dengan nilai 79,93 dan pada tahun 2022 dengan nilai 83,38” ungkap Sekda.

Lanjut Sekda Sintang mengatakan dengan adanya SPI ini menjadi indikator dan tolak ukur bagaimana penyelenggaraan tata kelola birokrasi dan kualitas pelayanan publik Kabupaten Sintang.

“Meskipun nilai indeks prestasi anti korupsi Kabupaten Sintang sudah berada dalam posisi baik, namun jangan sampai kita merasa cukup puas. Masih banyak yang harus kita perbaiki, tingkatkan, dan benahi secara berkelanjutan. Ingat, bahwa potensi dan peluang tindakan korupsi akan selalu ada sehingga komitmen dan integritas kita harus tetap diperhatikan bahkan ditingkatkan” tegasnya.

Adapun penyerahan penghargaan dalam kegiatan tersebut. Penghargaan ini diberikan kepada ASN di Lingkungan Pemkab Sintang yang telah berpartisipasi dalam upaya pencegahan korupsi dengan menyampaikan laporan Gratifikasi melalui Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Kabupaten Sintang maupun melalui aplikasi Gratifikasi Online (GOL) KPK periode tahun 2022-2023.
Berikut insan yang mendapatkan penghargaan, yakni :
1.Dra. Yosepha Hasnah, M. Si., Pensiun ASN (Mantan Sekda Sintang tahun 2014-2023)
2.Ir. Veronica Ancili, M. Si., Pensiunan ASN (Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang)
3.Drs. Marcues Afen, M. Si., Sekretaris DPRD Kabupaten Sintang
4.Iwan Setiadi, SE., M.Si., Kepala BPKAD Kabupaten Sintang
5.Rian Arbandika. S. STP., M.A.P., Analis Kebijakan Ahli Muda pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sintang