Bupati Sintang Launching Rumah Sakit Umum Daerah “Dara Nimpai” Kecamatan Serawai

Bupati Sintang Launching Rumah Sakit Umum Daerah “Dara Nimpai” Kecamatan Serawai

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, melaunching Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) “Dara Nimpai” Kecamatan Serawai, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, dan pengguntingan pita bersama dengan Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, bertempat di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Sabtu, 27 Januari 2024.

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menyampaikan bahwa keberadaan Rumah Sakit di Kecamatan Serawai ini merupakan salah satu upaya menjangkau serta memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau, yang dimulai dari pembangunan Rumah Sakit Pratama, dan sekarang telah naik kelas menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D “Dara Nimpai” di Kecamatan Serawai.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, berpesan untuk terus bersama-sama menjaga aset bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Serawai ini, mengingat RSUD yang ada di Kecamatan Serawai ini merupakan suatu kebanggaan bersama. Dengan telah kenaikan kelas dari RS Pratama menjadi RSUD, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga harus seiring sejalan untuk terus ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung terkait pelayanan kesehatan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, H. Edy Harmaini menjelaskan bahwa kegiatan launching RSUD Serawai ini merupakan peningkatan atau naik kelas pada Rumah sakit , yang sebelumnya Rumah Sakit tipe pratama, sekarang menjadi Rumah Sakit Umum Daerah tipe D. adapun tingkatan tipe atau kelas rumah sakit, bermula dari Puskesmas naik menjadi RS Pratama, kemudian RSUD tipe D – RSUD tipe C – RSUD tipe B – RSUD tipe A. Dengan peningkatan status RS Pratama menjadi RSUD ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memberikan pemerataan, peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Serawai, Kecamatan Ambalau, dan sekitarnya.