Pembukaan Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan Tahun 2024 di Kabupaten Sintang

Pembukaan Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan Tahun 2024 di Kabupaten Sintang

Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar kegiatan “Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan” tahun 2024, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan, Christianus Lumano, SE., M.Si, bertempat di Desa Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Selasa, 17 September 2024.

Pembukaan kegiatan Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan tahun 2024 tersebut ditandai dengan penabuhan sejumlah alat musik tradisional oleh Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan, Christianus Lumano, SE., M.Si bersama Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, Forkopimda Sintang, sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika, S.Sos, M.Si, menjelaskan tujuan terselenggaranya kegiatan Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan Tahun 2024, ” kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi daerah yang ada di Kabupaten Sintang, seperti wisata, budaya, berbagai olahraga rekreasi, dan olahraga tradisional, meningkatkan jumlah pengunjung, mendorong investor untuk melakukan investasi di Kabupaten Sintang, memperkenalkan produk unggulan Kabupaten Sintang kepada para konsumen, serta memperkenalkan kekayaaan yang dimiliki oleh Kabupaten Sintang”, jelas Kadisporapar.

Pelaksanaan Kelam Tourism Festival ini dirangkaikan dengan kegiatan pameran pembangunan di Kabupaten Sintang, dimulai dari tanggal 14 September sampai dengan 23 September 2024, pada tanggal 14 September 2024 telah dilaksanakan pembukaan panggung hiburan dan pentas seni di Halaman Indoor Apang Semangai Sintang, dan hari ini, 17 September 2024 dibuka secara resmi Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan tahun 2024 di Desa Merpak, Kecamatan Kelam Permai.

Adapun berbagai kegiatan pada Kelam Tourism Festival dan Pameran Pembangunan Kabupaten Sintang tahun 2024 yakni, Field Trip ke sejumlah destinasi wisata di Sintang, Offroad mengitari Bukit Kelam dan sekitarnya, Trabas motocross, lomba melukis bukit kelam, lomba musik sape, lomba band musik etnik, lomba bercerita tentang bukit kelam dalam bahasa inggris, lomba menumbuk padi, lomba pangkak gasing, lomba airsoftgun, lomba kuliner, lomba memancing, pendakian via ferata.