Festival Tenun Ikat Sintang tahun 2023

Festival Tenun Ikat Sintang tahun 2023

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., membuka pelaksanaan kegiatan Festival Tenun Ikat Sintang tahun 2023 yang digelar di Indoor Apang Semangai, Kompleks Stadion Baning Sintang, Jumat, 3 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menyampaikan bahwa perkembangan kreasi dalam menenun khususnya tenun ikat Sintang sudah maju, “perkembangan kreatif dalam mengolah tenun ikat di Sintang sungguh luar biasa. Sentra-sentra tenun kita juga sudah berkembang pesat, selain itu juga Tenun ikat Sintang itu sudah mendunia, sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kita harus bangga dengan hasil budaya kita dan harus dilestarikan bersama”, kata Bupati Sintang.

Bupati Sintang menambahkan bahwa Pemkab Sintang akan merencanakan penerapan aturan menggunakan batik dari tenun ikat khas Sintang, “kita Pemerintah Kabupaten Sintang sendiri berencana mewajibkan para pegawai di lingkungan kedinasan pemerintahan untuk menggunakan tenun ikat Sintang pada hari kerja”, ucap Bupati Sintang

Pada festival ini ditampilkan pula booth ragam kreasi tenun ikat dari sejumlah pengusaha muda Sintang.

Dikesempatan tersebut, Festival Tenun Ikat Sintang tahun 2023 juga digelar Parade aplikasi tenun ikat yang disemarakkan oleh para pejabat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang juga para pegawai dan pelajar kabupaten Sintang. Selain itu sekolah modeling dan para alumni kegiatan modeling yang mewakili Sintang pada hingga keluar daerah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.