Perkuat Upaya Penurunan Stunting, TPPS Sintang Gelar Lokakarya Susun Instrumen Monev Kinerja

Perkuat Upaya Penurunan Stunting, TPPS Sintang Gelar Lokakarya Susun Instrumen Monev Kinerja

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang bekerjasama dengan USAID ERAT melaksanakan lokakarya untuk menyusun mekanisme dan instrumen Monitoring Evaluasi Kinerja TPPS Kabupaten Sintang di Aula Serantung Waterpark pada Rabu-Kamus 8-9 Maret 2023.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sintang menargetkan angka stunting di tahun 2024 adalah 14 persen sesuai dengan target nasional.
“Maka kinerja TPPS Kabupaten Sintang perlu diperkuat. Dan evaluasi itu penting. Maka kita hari ini menyusun mekanisme dan instrument untuk kita melakukan monitoring dan evaluasi kinerja,” kata Yustinus.
Yustinus menilai, Stunting ini mengancam kualitas sumber daya manusia Kabupaten Sintang di masa yang akan datang, maka pencegahan stunting hendaknya dimulai dari dalam keluarga.
“Saat ini kita sudah sudah membentuk 14 TPPS Kecamatan dan 407 TPPS di kelurahan desa se Kabupaten Sintang. Saya berharap dengan memiliki TPPS yang banyak dan lengkap ini, upaya percepatan penurunan stunting bisa dicapai sesuai target di tahun 2024 adalah 14 persen. Maka saya mendukung, kalau hari ini dilaksanakan lokakarya untuk menyusun mekanisme dan instrumen monitoring evaluasi kinerja TPPS Kabupaten Sintang,” ujar Yustinus.
Kepala Bidang Kesejahteraan Keluarga Dan Keluarga Berencana pada Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang, Sely Gatie menjelaskan bahwa upaya penurunan stunting ini dimulai sejak 2018 yang lalu.
Hasilnya, survey dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, angka stunting di Kabupaten Sintang tahun 2022 tersisa 18,7 persen dan itu terendah se Kalimantan Barat.
“Artinya upaya kita sejak 2018 lalu, baru nampak hasilnya di tahun 2022. Target kita bisa 14 persen di tahun 2024 nanti. Maka, TPPS Kabupaten Sintang akan menyusun mekanisme dan instrument monitoring dan evaluasi kinerja. Monev ini baik untuk memperkuat upaya penurunan stunting, kita menjadi tahu kekurangan dan kelemahan kita selama ini,” beber Sely Gatie.
Nanang Kusriyanto dari USAID ERAT menjelaskan bahwa lokakarya penyusunan mekanisme dan instrumen monitoring evaluasi kinerja TPPS Kabupaten Sintang dilaksanakan untuk memperkuat lagi kinerja TPPS dalam menurunkan stunting.