Sintang Kembali Raih Peringkat Pertama Dalam Penanganan Stunting Se-Kalbar

Pemerintah Kabupaten Sintang memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik 1 dalam penilaian kinerja pelaksanaan 8 aksi konvergensi Stunting yang diikuti oleh 14 kabupaten kota Se Kalimantan Barat di Hotel Mercure Pontianak pada hari Selasa-Rabu, 23-24 Mei 2023.
Piagam Penghargaan pun diserahkan oleh Sukaliman Kepala Bappeda Kalbar kepada Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang di Hotel Mercure Pontianak pada Rabu, 24 Mei 2023.
Dengan prestasi ini, Pemerintah Kabupaten Sintang berhasil meninggalkan Kota Pontianak sebagai Peringkat Kedua dan Kabupaten Sambas pada Peringkat Ketiga.
Selain itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus menyampaikan dengan berhasilnya kembali Pemkab Sintang meraih peringkat pertama dalam upaya menurunkan stunting di Kalimantan Barat ini, maka Kabupaten Sintang sudah 5 kali berturut-turut menjadi yang terbaik di Kalbar.
“Sebelumnya Kabupaten Sintang juga berhasil menempati peringkat 1 pada penilaian kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022. Dengan demikian, Kabupaten Sintang sudah 5 tahun berturut-turut mendapatkan peringkat pertama sebagai kabupaten di Kalimantan Barat dengan kinerja terbaik dalam 8 Aksi Konvergensi Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” terang Kartiyus
Kartiyus selaku Sekda Kabupaten Sintang melakukan presentasi kinerja pelaksanaan 8 aksi konvergensi yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Sintang dihadapan Tim Penilai Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.
Hasilnya, upaya penurunan prevalensi stunting terintegrasi melalui 8 aksi konvergensi yang sudah dilakukan Pemkab Sintang dinilai oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagai upaya terbaik dari kabupaten kota yang ada di Kalimantan Barat.
Kartiyus juga berharap upaya terbaik ini dapat berlanjut demi mencapai target prevalensi angka stunting nasional yaitu 14 persen di tahun 2024 mendatang. Sementara itu, di Kabupaten Sintang prevalensi stunting masih ada di angka 18,7 persen sehingga masih perlu kerja sama yang baik antara jajaran Pemkab Sintang dan stakeholder yang peduli dalam upaya menurunkan stunting di Kabupaten Sintang.