Sekda Sintang buka kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan Bumdes

Sekda Sintang buka kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan Bumdes

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, S.H., M.Si., membuka pelatihan manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa se-Kabupaten Sintang tahun 2023, di aula Bank Kalbar Cabang Sintang, Senin, 9 September 2023.

“BUMDes itu harus belajar bisnis biar bisa mandiri. Sebagai pengurus, kalian harus cari usaha yang sesuai peluang yang ada di desa masing-masing. Bacalah peluang bisnis dengan baik,” kata Sekda Sintang.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yakni pada 9 Oktober hingga 11 Oktober 2023, hari pertama dan kedua, diikuti oleh desa-desa dari 5 kecamatan dan di hari ketiga dari 4 kecamatan, yang mana peserta pelatihannya terdiri dari Kepala Desa dan perangkat desa serta para pengurus BUMDes setempat.

“Hari ini kita juga dibukakan pintu untuk akses keuangan di Bank Kalbar, bank yang kita semua ikut memilikinya karna Pemda Sintang merupakan salah satu pemegang sahamnya, Saya harap kita semua akan belajar dari pelatihan ini agar bisa mengakses dukungan dana sekaligus belajar untuk menghasilkan kesejahteraan masyarakat desa kita melalui bantuan tersebut,” tambah Sekda Sintang lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkolanus Roni menyampaikan bahwa pelatihan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa, sekaligus juga meningkatkan kualitas desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang.

“Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kapasitas para aparatur desa termasuk para pengelola BUMDes yang memiliki peran sebagai penggerak ekonomi masyarakat setempat. Dengan ini diharapkan kedepan akan ada desa-desa mandiri yang lebih banyak lagi di Sintang yang artinya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.